Tips Memilih Lampu DRL Mobil yang Aman untuk Digunakan

Jika berbicara mengenai lampu yang ada pada mobil maka jenisnya begitu banyak, setidaknya ada sekitar 9 atau bahkan lebih, lampu ini tak hanya digunakan sebagai penerangan saja, melainkan juga lebih dari itu adalah sebagai pemberi kode atau tanda untuk pengguna jalan yang lainnya, misalnya adalah lampu sein yang digunakan untuk memberikan kode akan berbelok, sesuai dengan sein yang dinyalakan apakah belok ke kanan atau belok ke kiri, sehingga pengguna jalan yang ada di belakang Anda bisa menurunkan kecepatan dan memberikan jalan. Begitu juga ada lampu DRL mobil.

Sebagian mungkin sudah tidak begitu asing dengan jenis lampu yang satu ini bukan, lampu DRL ini sendiri adalah jenis lampu pada mobil yang akan menyala ketika pertama kali kendaraan tersebut di starter. Biasanya ia terletak di bagian depan kendaraan. Fungsi dari lampu ini sendiri adalah digunakan untuk meningkatkan visitabilitas dari kendaraan tersebut, sehingga nantinya di malam hari pengemudi lain bisa melihat mobil Anda yang bergerak. Sehingga memang lampu yang satu ini akan tampak lebih jelas terlihat nyalanya pada malam hari, dibandingkan dengan siang hari.

Tips Memilih Lampu DRL Mobil

Namun apakah pemasangan lampu DRL mobil ini sebenarnya diperbolehkan? Pada dasarnya sama halnya dengan lampu LED, maka jenis lampu mobil yang satu ini memiliki be berapa tingkat keterangan, dimana jika nantinya memilih yang terlalu terang kurang bagus bagi pengguna jalan yang lainnya, karena membuat mereka tidak bisa melihat kondisi jalanan secara optimal, sehingga berdampak kepada keamanan dalam berkendara. Untuk itu berikut ini ada beberapa tips yang patut diperhatikan dalam memilih lampu ini, yaitu:

  1. Sebaiknya pilihlah lampu DRL yang memiliki watt sesuai dengan yang dibutuhkan kendaraan tersebut, jangan yang terlalu tinggi, karena tingkat keterangannya juga membahayakan.
  2. Pilihlah warna-warna yang aman, seperti diantaranya adalah warna putih, jangan memilih warna yang terlalu kuat seperti merah, karena bisa membutakan pengendara atau pengguna jalan yang lainnya.
  3. Carilah lampu DRL yang memang aman dan disarankan untuk dipakai, mengingat di beberapa negara seperti diantaranya adalah AS, lampu yang satu ini tidak diizinkan untuk beredar atau digunakan pada kendaraan dengan alasan keamanan pengendara yang lain. Namun di Indonesia sendiri banyak yang memakainya, hanya saja pastikan untuk memilih yang dikeluarkan oleh merk ternama dengan uji standard keamanan.

Beli lampu DRL mobil ini mudah bisa dilakukan secara online, diantaranya adalah lewat Rumah Modifikasi. Karena beberapa mobil memang dari pabrikannya sendiri tidak dibekali dengan keberadaan DRL ini, sesuai dengan standard keamanan yang berlaku. Namun juga ada beberapa diantaranya yang dibekali, maka Anda bisa menambah sendiri pemasangannya.

Leave a comment